Maverick Meerkat: Menyongsong “The Perfect 10”

Sepuluh hari sebelum rencana peluncuran Ubuntu 10.10, versi ujicoba terakhir dirilis pada tanggal 30 September lalu. Pada prinsipnya versi release candidate nyaris final dan tidak lagi banyak perubahan diharapkan saat versi final diluncurkan. Dari percobaan awal (Acer Netbook) menggunakan Ubuntu 10.10 RC ini, sama sekali tidak menemukan masalah, booting cepat, dengan mudah disambungkan ke jaringan nirkabel (WLAN) dan tanpa masalah dicantolkan ke internet 3G.

Rilis final Maverick Meerkat yang sebelumnya dijadwalkan pada tanggal 28 Oktober, namun berkat progres pengembangannya yang cukup baik, dan agar rilis Ubuntu 10.10 “the perfect 10” ini lebih sempurna lagi, ditetapkan peluncurannya tepat pada tanggal 10 bulan 10 tahun duaribu 10 jam 10 pada menit ke 10 waktu setempat.

Ubuntu 10.10 RC menyertakan versi terkini desktop GNOME 2.32.0, memperbaharui paket kernel Linux 2.6.35-22.23, dengan basis versi kernel Linux 2.6.35.3.

Shotwell kali ini dijadikan image viewer dan editor secara default menggantikan F-Spot. Gwibber mendapatkan dukungan untuk sistem atentifikasi sistem Twitter yang baru, dan banyak perbaikan lainnya yang dirinci disini.

Aplet untuk Sound Indicator telah menerima perbaikan signifikan dengan penyertaan kontrol untuk music player. Kecuali itu perbaikan banyak dilakukan untuk fitur-fitur seperti Ubuntu Software Center dan layanan Ubuntu One.

Peningkatan di Kubuntu 10.10 RC:

Version Kubuntu 10.10 dibangun memanfaatkan lingkungan desktop KDE Software Compilation 4.5.1, yang tak diragukan lagi mengemas banyak fitur aktraktif bagi pengguna berselera KDE.

PulseAudio kini dijadikan sebagai sound server utama (default), sementara BlueDevil adalah default bluetooth stack. Global Menu dijadikan fitur default untuk Plasma Netbook, sementara Rekonq dipasang menjadi default web browse.

Yang baru di Xubuntu 10.10 RC:

Edisi Release Candidate untuk Xubuntu 10.10 dibangun berdasarkan versi desktop Xfce 4.6.2 dengan tampilan wallpaper baru.

Sekali lagi, bila tiada “aral yang melintang”, maka pada tanggal 10 Oktober 2010, Ubuntu 10.10 (Maverick Meerkat) sebagai generasi ke 13 dari keluarga sistem operasi Ubuntu akan siap diluncurkan dalam kondisi “the perfect 10” yang sempurna.