Sintel: Film Animasi Open Source Layar Lebar

Sintel adalah film animasi layar lebar sumber terbuka nomor tiga dari proyek Blender setelah proyek film “Elephant’s Dream (Orange)” dan “Big Buck Bunny (Peach)”. Awalnya proyek yang dibuat menggunakan Blender ini dikembangkan secara kolektif dengan nama kode “Durian“, namun setelah rampung dirilis dengan titel “Sintel“. Gala Premier film Sintel pada tanggal 27 September 2010 lalu berlangsung di ajang acara Netherland Filmfestival ke 30 di Utrecht.

Film yang panjangnya 14 menit dan 48 detik ini mengisahkan seorang gadis bernama Sintel yang berteman dengan seekor anak Dragon yang diculik Dragon besar. Film animasi menggambarkan petualangan Sintel mencari temannya untuk dibebaskan.

Tim film Sintel (Durian) terdiri dari sebelas artis dan tiga pengembang yang diberikan target untuk membuat film cerita pendek epik dengan penuh emosi dan aksi yang diperankan oleh seorang gadis sebagai figur utama. Sebagai target teknis adalah resolusi yang tinggi, menggunakan efek-efek api, asap dan eksplosion seperti juga komposisi bebas yang tidak bergantung pada resolusi.

Sebagai perkakas utama dalam pembuatan film layar lebar resolusi tinggi (4k Digital Cinema = 4.096 x 2.160 Pixel) digunakan program animasi 3D-Blender dan aplikasi open source lainnya seperti Gimp, Inkscape, Krita dan Mypaint.

Naskah Sintel ditulis oleh Comicautor Martin Lodewijk asal Negeri Belanda, disutradarai oleh Colin Levy dan sebagai Concept Art diserahkan kepada David Revoy. Produser dari film ini adalah tokoh Blender yang tidak asing lagi Ton Roosendaal. Pembuatan Sintel dibiayai oleh beberapa institusi terutama Blender Foundation, seperti juga Netherlands Film Fund, Cinegrid Amsterdam, Dutch Film Fund dan hasil penjualan dari DVD seharga 34 Euro yang selain video Sintel juga menyertakan Trailer, Video-Tutorials berikut semua material, script dan storyboard.

Sintel adalah sebuah hasil karya seni yang menelan budget 400.000 Euro. Seperti karya sebelumnya, ia bebas diunduh atau disaksikan via YouTube dan menganut lisensi sumber terbuka Creative Commons Attribution-NonCommercial 3.0 Unported.