Sabayon Linux 5.4 Telah Rilis

Sabayon Linux yang dibangun berdasarkan distro Gentoo Linux meluncurkan versi 5.4 yang dioptimalkan untuk Desktops menggunakan Kernel Linux 2.6.35. Di lumbung repositorinya juga disediakan Kernel yang dioptimalkan untuk server.

Berbeda dengan Gentoo Linux yang langsung dikompilasi dari kode sumbernya saat instalasi yang memakan waktu cukup lama, Sabayon Linux dapat diinstalasi dalam waktu singkat. Menurut pengembangnya, instalasi Sabayon Linux 5.4 dapat dituntaskan tidak lebih dari sepuluh menit. Media instalasi Sabayon 5.4 menyediakan pilihan lingkungan Desktop baik GNOME 2.30 atau KDE 4.5.1. Sebagai sistem berkas standar digunakan Ext4, disamping mendukung Btrfs.

Sebagai pengelola paket software disediakan Entropy-Framework baru yang dapat memasang paket binari di komputernya dengan cepat. Sebagai alternatif juga masih tersedia sistem Portage, yang mampu mengkompilasi program dan dioptimalkan dengan hardware.

Paket lain yang disertakan termasuk X.Org 7.5 dan OpenOffice.org 3.2, kemudian Media-Center XBMC sebagai aplikasi multimedia dan Game demo World of Goo sebagai pengisi kegiatan saat jeda. Sekitar 1.000 paket aplikasi telah diaktualisasi dan 100 kekliruan telah diluruskan sejak versi 5.3 terakhir.

Kebutuhan hardware minimal untuk Sabayon 5.4 adalah prosesor i686-kompatibel, 512 MB RAM dan 8 GB spasi harddisk. Media diterbitkan baik untuk arsitektur 32 maupun 64-Bit.