Debian 7.0: Setelah Squeeze Menyusul Wheezy

Debian 6.0 dengan nama Squeeze belum terbit, pengembang Debian telah memikirkan nama untuk Debian 7.0. Seperti semua nama-nama untuk Debian sebelumnya, untuk Debian 7.0 juga diambil dari figur film Toy Story yaitu Wheezy.

Penentuan nama untuk Debian 7.0 itu disampaikan tim rilis Debian: Neil McGovern dalam sebuah email yang membahas aturan baru terkait dengan rilis Debian 6.0:

"We will continue to use Toy Story character names for squeeze's successor.
The next release will be called 'wheezy' (the rubber toy penguin with a red bow tie),
and will be Debian 7.0."

Pada kesempatan yang sama telah diberlakukan aturan baru yang lebih ketat terhadap paket baru yang akan disertakan untuk Debian 6.0 (Squeeze). Untuk Debian 6.0 yang sejak satu bulan lalu dalam status pembekuan fitur, hanya memperbolehkan penyertaan paket baru yang telah bebas dari kekliruan fatal dan telah mengaktualisasi dokumentasi berikut terjemahannya. Paket-paket tersebut sebelumnya dipelihara dan diperbaiki di bagian Unstable, kemudian bila diijinkan barulah dipindahkan ke bagian Testing. Rencana jadwal rilis untuk Debian 6.0 belum ditentukan saat ini, namun diperkirakan menjelang akhir tahun 2010.

Disamping kesibukan utama membesarkan Squeeze dan Wheezy, Debian 5.0 ‘Lenny” tetap mendapat perhatian dengan merilis update ke 6 untuk Lenny, yaitu Debian 5.0.6 beberapa hari lalu. Seperti biasanya, Debian 5.0.6 telah dibebaskan dari semua kekliruan yang ditemukan dan dilaporkan sejak rilis update 5 dengan mengaktualisi media instalasi untuk semua arsitektur prosesor yang disokongnya yaitu alpha, amd64, arm, armel, hppa, i386, ia64, mips, mipsel, powerpc, sparc, s390 dan media untuk source (kode sumber) dan multi-arch.