Qt Quick Bantu Pengembangan Aplikasi Mobile

Agar penyebarluasan prosesor Atom meningkat, Intel sangat aktif mendorong para pengembang untuk menyediakan aplikasi yang dioptimalkan untuk arsitektur Atom. Intel telah memiliki platform software AppUp yang juga terbuka untuk Atom dan bisa digunakan di Windows 7 maupun di  Sistem Operasi MeeGo yang dikembangkan bersama Nokia terutama untuk perangkat mobile.

Di ajang acara ‘Intel Developer Forum (IDF)’ yang akan berlangsung minggu depan di San Francisco, rencananya Intel akan mempromosikan sistem pengembangan lintas platform Qt Quick berasal dari pengembang Qt yang diakuisi partnernya Nokia dari Trolltech pada tahun 2008 lalu. Disamping Qt, Intel juga mendongkrak pengembangan aplikasi di platform lain seperti Adobe AIR.

Qt Quick Percepat Pengembangan Aplikasi:
Qt Quick singkatan dari Qt User Interface Creation Kit adalah teknologi antarmuka tingkat atas (high-level user interface technology) yang diklaim secara dramatis memudahkan para pengembang untuk mendisain antarmuka (UI) yang cantik, ‘pixel perfect’ dan ringan disamping ‘touch-enabled’ menggunakan basis pemrograman Qt, tanpa perlu pengetahuan tentang pemrograman C++. Qt Quick diperkenalkan bersama rilis Qt 4.7 bulan Maret lalu dan selanjutnya menjadi bagian dari rilis Qt berikutnya.

Bagi para pengembang, Qt Quick menawarkan kelebihan-kelebihan antara lain:

  • Deklaratif yang mudah digunakan dengan bahasa mirip dengan skrip QML (Qt Meta-Object Language);
  • Tools didalam Qt Creator IDE termasuk sebuah visual editor yang membantu para pengembang dan disainer menggabungkan elemen-elemen sederhana menjadi sebuah antarmuka animasi;
  • Kelebihan lainnya adalah pendekatan pemrograman deklaratif yang membantu pembuatan antarmuka-antarmuka menjadi gampang, hanya dengan memerintahkan apa yang harus dibuat dan tidak harus menuliskan bagaimana cara membuatnya.

Sementara Qt saat ini masih melayani pengembang C++, Qt Quick telah memperluas jangkauan pengguna Qt dengan kemampuan antarmuka. Hal ini membuka peluang emas untuk para disainer antarmuka termasuk pengembang yang terbiasa dengan bahasa skrip untuk memanfaatkan Qt dalam membuat antarmuka yang keren dan aplikasi-aplikasi untuk perangkat atau komputer yang mendukung platform Qt seperti halnya divais Nokia.