Solusi Teknik Gunakan CAElinux 2010

Lebih dari satu tahun dibutuhkan untuk mengembangkan distribusi CAELinux 2010 yang digunakan untuk aplikasi Computer Aided Engineering. Rilis ini tersedia untuk prosesor arsitektur 64 bit dan dibangun berdasarkan Ubuntu 10.04 LTS AMD64 berikut semua update terkini yang tersedia akhir bulan Agustus 2010 saat distro ini diluncurkan. Kernel Linux versi 2.6.32-24 yang terpasang mendukung 64 bit memory addressing dan multiple CPUs.

Aplikasi utama di CAELinux 2010 telah diperbahrui sperti pada paket software berlisensi GPL Salome_Meca 2010 yang dikembangkan oleh EDF. Software 64bit ini mengintegrasikan dua versi fitur finite element solver Code-Aster STA10.1 (versi 64bits) dan telah dioptimalkan baik untuk OpenMP maupun MPI parallelism. Salome_Meca 2010 kini berdasarkan Salome v5.1.3 CAD/Pre/Post GUI yang memungkinkan untuk menjalankan studi FEA / CFD secara lengkap dan langsung dari (GUI) antarmuka grafis SALOME.

CAELinux 2010 seterusnya menyertakan software open source CFD seperti Code-Saturne 2.0 dan OpenFOAM 1.7 (keduanya untuk versi 64bit/MPI) yang dapat disambungkan dengan sejumlah perkakas pre-processing seperti Salome, GMSH, Netgen dan yang lebih dekat berorientasi ke CFD seperti meshers enGrid 1.2 dan Discretizer/SnappyHexMesh. Menggunakan software-software ini, maka FEA & CFD secara berkesinambungan ditingkatkan dengan kemudahan dalam penggunannya dan dalam kemampuan untuk parallel computing sehingga menjadikan software open source ini memiliki kemampuan yang sangat dekat dengan kemampuan program komersil dibidang FEA & CFD!

Pengembangnya juga mengklain bahwa simulasi Multiphysics kali ini ditangani sangat efisien menggunakan Elmer FEM 5.5 berikut antarmuka ElmerGUI yang gampang digunakan. Berdasarkan pendekatan pemecahan terpisah dalam hal fisika, maka beberapa perilaku fisika menjadi mudah digandengkan dengan Elmer, misalnya untuk kasus: diffusion & heat equation yang mudah digandengkan dengan simulasi Navier-Stokes fluid flow, thermo-mechanical coupling dan bahkan dengan fluid-structure interaction.

Daftar fitur utama dan program yang disertakan CAELinux 2010 termasuk:

  • LiveDVD berdasrakan Ubuntu 10.04 LTS 64 bit denga Kernel 2.6.32-24
  • Dapat dijalankan langsung (live) dari DVD atau dari USB-Drive tanpa perlu instalasi, namun lebih optimal bila diinstalasi dengan installer Ubuntu yang mudah.
  • Dedikasi khusus untuk aplikasi CAE , scientific computing dan mathematical modelling yang menekankan simulasi finite element simulation dan komputasi untuk fluid dynamics
  • Menyertakan terintegrasi paket 3D pre-/ post / FE solver dari SALOME_MECA 2010 (GPL, dikembangkan oleh EDF, Perancis) yang menggbungkan Salome v5.1.3 GUI dan Code-Aster STA10.1 finite element solver (updated, GPL)
  • Menawarkan solusi lengkap untuk CFD dengan OpenFOAM 1.7 , Gerris dan Code-Saturne 2.0 solvers
  • Mengandung sejumlah paket-paket 2D & 3D CAD/pre/post seperti: Paraview, OpenDX, EnGrid 1.2, Elmer GUI, Netgen, Tetgen, GMSH v2, Salome v.5.1.3 & QCad
  • Menyertakan software untuk simulasi multiphysics lainnya seperti: Elmer v5.5 , Calculix v2.1, Impact, MBDyn, Dynela, Fenics
  • Menyediakan sejumlah perkakasan sain (scientific tools) seperti GNU Octave (+ QtOctave GUI ), R & Rkward, Scilab, wxMaxima, Scipy, Latex and a full set of developpement tools / compilers.