Grass GIS 6.4.0 Dukung Windows dan Python

Software bebas untuk Sistem Informasi Geo (GIS) GRASS terbitkan versi 6.4 dengan fitur yang mendukung Windows (Wingrass) dan Python. GRASS atau Geographic Resources Analysis Support System adalah software Geographic Information System (GIS) sumber terbuka yang digunakan untuk mengelola dan menganalisa data geospatial, image processing, produksi graphics/maps, spatial modeling, dan visualisasi. GRASS banyak digunakan baik di perguruan tinggi maupun dimanfaatkan secara komersial di seluruh dunia, termasuk oleh institusi pemerintah dan konsultan lingkungan hidup. GRASS merupakan proyek resmi dari yayasan “Open Source Geospatial Foundation.”

Wingrass yang dikembangkan selama lebih dari satu tahun dan menurut pengembangnya sudah bisa digunakan untuk pekerjaan GIS hari-hari. Demikian pula status versi yang menyokong bahasa pemrograman skrip Python yang menyediakan antarmuka grafis (GUI) baru berdasarkan WxPython.

Untuk cabang versi 6.4 pengembangnya menjanjikan dukungan jangka panjang (LTS) sementara beberapa fitur yang saat ini masih dalam ujicoba, diharapkan akan lengkap bersamaan dengan rilis Grass GIS 6.4.1.

Sebagai produk Open Source, Grass GIS menerapkan lisensi GPL dan tersedia bebas untuk publik baik dalam bentuk kode sumber maupun binari untuk platform-platform Linux, Mac OS X dan Windows, termasuk sejumlah tutorial.