100.000+ Inovasi Berasal Dari Anak Putus Sekolah Di Pedesaan

Tercatat, lebih dari seratus ribu inovasi berasal dari kalangan anak putus sekolah di pedesaan India. Sebuah sepeda amphibi yang jalan didarat dan di permukaan air, pabrik tepung tenaga skuter dan mesin cuci digayuh sepeda adalah segelintir contoh inovasi dari pedesaan yang langsung meningkatkan kinerja meringankan kehidupan masyarakat setempat.

Dikutip dari artikel di situs NIF disebutkan: “Berkat upaya tak kenal lelah dari tim National Innovation Foundation (NIF) yang dipandu Profesor Anil K Gupta, inovasi telah mengubah persepsi sterotip tentang masyarakat pedesaan India yang sebelumnya dicerminkan sebagai kemiskinan dan degradasi.”

“Dari database NIF yang mencatat sekitar 140.000 inovasi sebagian besar berasal dari inovator yang tidak berpendidikan dan NIF telah berjuang selama satu dekade untuk menghubungkan inovator dengan masyarakat dan perusahaan. Inovasi telah mengatasi segudang masalah-masalah India, menurunkan rasa bosan dan meningkatkan efisiensi kerja” kata Profesor Gupta.

Selain hemat biaya dan ramah lingkungan, penemuan-penemuan ilmiah tersebut memiliki potensi untuk dikomersialisasikan dan bahkan diekspor. Baca selebihnya