Linux Mint 9 “Isadora” XFCE

Distro Linux Mint yang dibangun berdasarkan Ubuntu menyediakan beberapa edisi dengan desktop yang beragam. Edisi standar dengan lingkungan desktop GNOME, kemudian  desktop KDE dan disusul oleh desktop LXDE, semuanya telah rilis. Kini telah tersedia baru dirilis versi final dari Linux Mint 9 Xfce, sementara Linux Mint 9 Fluxbox masih kandidat rilis.

Linux Mint 9 ‘Isadora’ XFCE menggunakan Xubuntu 10.04 Lucid Lynx sebagai basis, menyertakan versi-versi kernel Linux 2.6.32, desktop Xfce 4.6.1 dan Xorg 7.4. Menurut pengembanganya Linux Mint 9 ‘Isadora’ Xfce mengandung banyak perbaikan dengan mengaktualisasi semua paket software open source yang dikemas bersama distro ini.

Lebih dari 30.000 aplikasi dapat diseleksi dan dimanfaatkan dari katalog yang menampilkan keterangan lebih rinci, baik daring (online) maupun via ‘software manager’ yang baru. Fitur terbaru lainnya disebutkan: ‘incremental backup tool’ untuk menseleksi data dan software, Installer via USB dan Windows, dukungan LTS selama 3 tahun, dan peningkatan ‘look & feel’.