Distro Mahasiswa Kuliax 7.0 (lumpia) Telah Rilis

Tim pengembang dan kontributor Kuliax mengumumkan peluncuran Kuliax 7.0 (lumpia) berikut lumbung repositorinya. Sebagai Distro Indonesia, Kuliax merupakan distribusi GNU/Linux yang dioptimasi ke penggunaan komputer desktop untuk pembelajaran, penelitian, dan pengembangan di pendidikan tinggi.

Media: 2 CD set (Live Installer + CD-Repo)
Kuliax menyediakan program-program standar komputer desktop dan juga yang spesifik ke pendidikan tinggi khususnya pada bidang-bidang yang banyak menggunakan komputer sebagai alat bantu/penunjang atau bahkan sebagai intinya.

Diantara paket aplikasi yang dikemas Kuliax 7.0 ini, sebagian besar bernaung di bawah GNU General Public License (GPL). Beberapa paket yang tidak bebas untuk dikembangkan lebih lanjut dan setidaknya telah mengijinkan distribusi dan penggunaannya adalah: atmel-firmware, bluez-firmware, dynamips, firmware-bnx2, firmware-bnx2x, firmware-ipw2x00, firmware-ivtv, firmware-iwlwifi, firmware-linux-nonfree, firmware-ralink, firmware-realtek, gns3, scilab, scilab-bin, stardict-kbbi, stardict-tbipb1, unrar, zd1211-firmware.

Kulax 7.0 dibangun berdasarkan Debian GNU/Linux 5.0 (lenny) dengan pemutakhiran paket sampai dengan Agustus 2010. Sebagai Kernel terpasang Linux 2.6.32 untuk i686 yang telah dioptimasi untuk desktop menggunakan X.Org 7.3, lingkungan desktop KDE 3.5.10 dan tampilan Karya seni 7.0.

Paket produktifitas yang disertakan termasuk untuk Diagram: Kivio; Kalkulator cepat nan teliti: SpeedCrunch; Pencatat ringkas: KNotes; Paket perkantoran: OpenOffice.org 3.2 dan Pemetaan pikiran dan ide: Freemind 0.9.

Untuk urusan Internet tersedia Klien surat elektronik: KMail; Alat berkirim pesan singkat lewat Internet: Pidgin 2.7; Peramban jejaring: Iceweasel 3.5.8 ditambah dengan pengaya dan ekstensi multimedia, serta penanda buku yang menarik.

Untuk Multimedia Kuliax 7.0 mendukung sebagian besar format multimedia dan menyediakan Pemutar suara: Audacious; Mixer suara: Kmix
Pemutar video: (S)MPlayer.

Untuk membantu pekerjaan Grafik disertakan Pembaca dan penyunting minimal gambar: Gwenview; Penyunting gambar bitmap: The Gimp dan Penangkap layar: Ksnapshot

Tersedia Pembaca berkas CHM: KchmViewer; Pembaca berkas PDF: KPDF; berikut Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi III: stardict-kbbi; Inggris-Indonesia cepat: stardict *quick eng-ind dan Indonesia-Inggris cepat: stardict *quick ind-eng.

Alat bantu Rekayasa terdiri dari Kalkulator kode warna resistor: gresistor; Simulator jaringan: cnet; Simulator mikropengendali PIC: gpsim; Simulator elektronik dan mikropengendali: KTechlab; Simulator rangkaian digital: tkgate.

Paket Statistik ditunjang dengan lingkungan dan bahasa komputasi statistik: R dan Antarmuka grafis R: RKWard. Sebagai database disediakan Sistem pengelola basis data: MySQL 5.1 dengan Antarmuka grafis basis data SQLite: sqlitebrowser.

Untuk pengembangan sistem disediakan: Lingkungan pengembangan terintegrasi: Geany 0.18;Pemrograman: GCC 4.3, OpenJDK6, Perl 5.10, PHP 5.2.6, Python 2.5.4; Pustaka dan alat: Glade 3.4.5, zenity 2.22; Sistem Kendali Versi: Git 1.7.1, git-svn, Mercurial 1.3.1; Rekayasa perangkat lunak: sloccount, Umbrello.

Jaringan ditunjang oleh Peladen: Apache 2.2.9 , openssh, samba, cups (dukungan pencetak); Alat: arpwatch, ftp, fusesmb, iftop, iproute, iptables, kdenetwork-filesharing, knetworkconf, knemo, mtr-tiny, net-tools, Nmap 5.00, rsync, tcpdump; Desktop remote: krdc, rdesktop; Kalkulator subnet IP: sipcalc; Nirkabel: network-manager-kde, usb-modeswitch, wireless-tools, wpasupplicant; Konfigurasi dan dialer PPP: ppp, pppconfig, pppoe.

Daftar paket aplikasi lebih rinci selengkapnya dapat disimak di situs pengembang Kuliax berikut keterangan dan pencerahan terkait.

Media: 2 CD set {Live Installer + CD-Repo)