Software Robot Urbi Dibebaskan

nao-robot-youtube-640

Perusahan pengembang Gostai asal Perancis yang mengembangkan software khusus untuk Robot telah membebaskan produk Robotersoftware Urbi untuk publik dengan lisensi AGPLv3. Gostai adalah pengembang sistem operasi yang telah digunakan untuk sejumlah Robot seperti Aldebaran Nao, Segway RMP atau Lego Mindstorm.

Disamping pembebasan dengan lisensi open source untuk Urbi, para pengembang Robot juga bisa memperoleh versi terbaru dari Urbi-Software dengan lisensi GPL. Versi terbaru Urbi 2.1 telah ditambahkan fitur Urbiscript, yaitu bahasa skrip yang digunakan untuk pemrograman  robot yang berorientasi pada event dan paralel. Kecuali itu telah diintegrasikan dukungan untuk ROS dari Willow Garage, yaitu sebuah sistem operasi Meta untuk Roboter.

Jean-Christophe Baillie, direktur dan pendiri Urbi menjelaskan alasan pembebasan di ajang IEEE International Conference on Robotics and Automation (ICRA) di Alaska baru-baru ini: “Penerapan lisensi kompatibel GPL adalah cara terbaik agar siapa saja bisa menggunakan Urbi, mencoba dan menyebarluaskan, sementara kandungan model lisensi ganda (Dual-License: AGPL) menawarkan kemungkinan penambahan fitur komersil bagi partner. Urbi berakar dari labor penelitian di perguruan tinggi dan senantiasa yakin akan model pengembangan software Open Source”

Urbi 2.1 tersedia di situs Gostai sebagai SDK untuk Linux, Mac OS X dan Microsoft Windows, dalam bentuk binari maupun kode sumbernya.