Komunitas Rayakan Software Freedom Day

softwarefreedomday2010_640

Hari Sabtu tanggal 18 September 2010 para pendukung, aktivis, penggiat, pengembira software bebas sedunia kembali merayakan Software Freedom Day (SFD). Diantara kelompok yang memperingati dan merayakan “Software Freedom Day” adalah grup di lingkungan Open-Source termasuk berbagai Linux User Groups (LUGs) di seluruh permukaan bumi dengan menggelar berbagai acara atau kegiatan yang terkait dengan sofware bebas atau lazimnya disebut FOSS (Free & Open Source Software).

Tujuan kegiatan ini, kecuali untuk membangkitkan rasa simpati masyarakat terhadap software merdeka di lingkungan masing-masing, juga untuk memberikan pencerahan mengenai kelebihan dan dampak positif dari pemanfaatan FOSS.

Kelompok yang ingin berpartisipasi dalam kegiatan ini, koordinator global menyediakan halaman khusus di situs softwarefreedomday.org untuk mendaftarkan kegiatan di lingkungan masing-masing. Kegiatan umumnya berlangsung di sekolahan, universitas, taman kota dan lokasi publik lainnya.

Ajang acara Software Freedom Days resminya dikoordinasi oleh Yayasan Software Freedom International, yaitu sebuah organisasi nirlaba yang didirikan khusus untuk menggalang acara peringatan ini setiap tahun yang telah berlangsung sejak tahun 2004. Kegiatan tahun ini menerima sponsor dari Canonical, Google, linode dan Danish Unix User Group (DKUUG).

Diantara empat kelompok asal Indonesia yang telah terdaftar, sampai berita ini diturunkan, baru tim dari Kelompok Studi Linux Universitas Budi Luhur atau disingkat KSL-BL yang memiliki program acara yaitu seminar tentang Disain Grafis menggunakan software bebas yang akan berlangsung di Universitas Budi Luhur Jakarta pada tanggal 25 September 2010,

Jumlah peserta perayaan Software Freedom Days tahun lalu mencapai sekitar 800 kelompok dan kali ini panitia menargetkan melampaui 1000 kelompok peserta.