Fitur Debian 6.0 Squeeze Telah Dibekukan

DebConf10 baru saja usai dan salah satu hasil kesepakan pertemuan ini adalah membekukan fitur untuk versi Debian 6.0 (Squeeze) mendatang. Mulai sekarang para pengembang pada prinsipnya menyempurnakan agar Squeeze menjadi sakti dan tidak lagi diperkenankan menambahkan fitur baru kecuali melakukan perbaikan terhadap semua kekliruan.

Sehari sebelum ajang DebConf10 ditutup, Neil McGovern salah satu dari Relaese-Manager untuk Debian 6.0 mengumumkan di milis pengembang Debian tentang pembekuan fitur tersebut dan dengan demikian perubahan fitur hanya dimungkinkan dalam kondisi khusus.

Fitur-fitur terpenting Debian GNU/Linux 6.0 yang telah ditetapkan misalnya: Sebagai Kernel ditentukan Linux 2.6.32 bukan versi terkini berikut X.org 7.5. Untuk Desktops disediakan pilihan KDE 4.4.5, Gnome 2.30, LXDE 0.5 dan XFCE 4.6.2. Segudang paket untuk server dan perkakas untuk pengembangan seperti Apache 2.2.16, MySQL 5.1.48, PostgreSQL 8.4.4, Samba 3.4, PHP 5.3.2, Python 2.6 und 3.1, Perl 5.10 dan GCC 4.4 disertakan bersama Squeeze. Disamping Linux sebagai kernel utama, Squeeze juga bereksperimen memberdayakan Kernel asal FreeBSD yang dikemas bersama paket-paket GNU lainnya.

Seperti telah diketahui, pada lazimnya tim pengembang Debian mengerjakan secara serentak tiga jenis rilis yaitu: Unstable yang sedang dimasak, Testing yang mengandung paket yang akan menjadi bagian dari versi stabil, dan Stable sebagai versi final.

Sebagai sebuah distribusi sejati, komunitas pengembang Debian yang jumlahnya sangat besar terikat dengan kontrak sosial baku dan memiliki aturan main yang ketat. Ketentuan tentang pembekuan fitur mensyaratkan antara lain bahwa hanya kekliruan kritis yang diperbaiki dan perubahan tidak invasif yang diperbolehkan, disamping update untuk terjemahan dan dokumentasi. Kecuali itu hanya diperbolehkan perubahan terhadap hal yang menurut penanggungjawab rilis dianggap perlu demi kesempurnaan produk. Setiap pengembang yang ingin menyarankan perubahan diwajibkan memberi laporan kepada Release-Manager yang kali ini (untuk Squeeze) adalah pasangan Neil McGovern dan Adam D. Barratt.

Pembekuan fitur untuk Debian 6.0 awalnya dijadwalkan pada bulan Maret 2010 dan bila selama proses penyempurnaan yang berlangsung mulai sekarang tidak menemukan aral melintang maka Debian 6.0 Squeeze diharapkan sudah bisa hadir di awal tahun depan. DebConf10 yang diselenggarakan di kampus Columbia University, New York City, pada tanggal 1 sampai 7 Augustus 2010 baru lalu merupakan ajang pertemuan para pengembang yang diisi dengan ngoprek bersama, diskusi dan workshops yang semuanya bernuansa sangat teknis.

1 Comment

Komentar ditutup.