NoMachine Ungkap Versi 4.0 Terminal Server NX

Aplikasi terminal server bebas dengan teknologi NX asal Italia NoMachine mengungkap versi 4.0 dari software Terminal Server NoMachine NX. Versi ini membawa, disamping perbaikan dan banyak fitur baru yang telah lama dinantikan pengguna seperti peningkatan pada fungsi Multimedia, juga dukungan untuk perangkat bergerak (mobile), Browserclient dan akses jarak jauh untuk komputer Apple dan sistem Windows.

Sebagaimana dapat disimak di website Nomachine, sebuah Linux-Terminalservers versi 4.0 nantinya akan memiliki kemampuan untuk mengakses server-server Macs dan Windows. Sampai saat ini pengguna masih menggunakan teknologi usang yang lambat seperti protokol VNC untuk Apple atau varian proprietari RDP untuk server besutan Microsoft yang mengharuskan klien-klien seperti Vncviewer atau Rdesktop berikut kelemahannya dalam hal kompresi, permintaan bandwidth yang besar maupun latensi yang kurang memadai. Dengan tersedianya software open source NX versi 4.0, pengembang software dari NoMachine yakin bahwa banyak kutu akan dilibas, “lebih cepat lebih baik” menggunakan algoritma percepatan baru, disamping bisa mengakses sistem-sistem proprietari (Mac dan Windows) menggunakan teknologi NX.

Fitur lain yang pantas disebutkan, disamping tersedianya Web-Client (yang mensyaratkan browser dengan Java dan plugin), adalah perbaikan termasuk dukungan terhadap berbagai jenis Smartphones, peningkatan pada Videostreaming, integrasi Session-Recording berikut fungsi Playback dan perbaikan pada infrastruktur Multimedia yang mendukung pertukaran media (live-streaming) termasuk layanan seperti VoIP lintas platform. Pembaruan lainnya adalah NX 4.0 USB-Forwarding (perangkat USB yang dicolokkan di klien bisa tersedia untuk server), transfer data bidirektional dan klien dengan disain baru.