MeeGo IVI: Linux Bantu Pengendara Mobil

Proyek MeeGo telah luncurkan versi khusus yang dioptimalkan terutama untuk digunakan di mobil. MeeGo for IVI 1.0 (In Vehicle Infotainment) mengandung kecuali komponen dasar yang telah dikenal dari versi Netbook, juga tersedia layar tampilkan IVI Home Screen dan Taskbar untuk Start atau  pergantian antar aplikasi, disamping sebuah Bluetooth-Dialer untuk mengatur perangkat telepon genggam yang terkait. Untuk berselancar MeeGo ini dilengkapi dengan sebuah IVI-Browser berdasarkan Qt turunan Firefox bernama Fennec. Disamping itu telah disiapkan sambungan untuk mengatur perangkat navigasi. Sebagai program navigasi dimanfaatkan paket open source Navit berikut komponen bicaranya yang dapat menyampaikan pesan akustik kepada pengendara.

Fitur Bluetooth mendukung headset dan telepon genggam memanfaatkan Bluez-Bluetooth-Stack yang dibantu oleh fungsi dialer menggunakan program BT-HFP-Dialer. Saat ini Meego IVI masih mengemas banyak aplikasi berasal dari proyek XFCE dan GNOME, termasuk Paketmanager Synaptic dan sebagai pemutar Videos dan Musik digunakan Totem-Player.

MeeGo-IVI ditenagai menggunakan Kernel Linux 2.6.33 menerapkan sistem berkas Btrfs dan sambungan ke hardware menggunakan Devicekit dan Udev, sementara untuk mengatur sambungan ke jaringan dan telepon masing-masing digunakan Connman-Connection-Manager dan Ofono-Telephony-Stack.

Proyek seputar MeeGo disokong oleh banyak vendor besar yang belakang ini cukup aktif. Belum lama aliansi Genivi-Alliance telah memilih MeeGo untuk digunakan sebagai basis untuk mengembangkan platform IVI mereka yang diberi nama Apollo.

Media pertama MeeGo-IVI yang diterbitkan berupa sebuah Live CD yang juga dapat dipindahkan ke  USB Flash Drive mensyaratkan prosesor Intel Atom atau Core 2 asalkan memiliki ekstensi SSSE3.

1 Comment

Komentar ditutup.