Mandriva 2010.1 Edisi LXDE Yang Ringan

Mandriva Linux 2010.1 Spring dengan desktop LXDE telah rilis. Tersedia pilihan dijalankan sebagai Live atau langsung ditanamkan ke hardisk, distro Mandriva edisi ringan ini membawa teknologi Mandriva 2010.1 spring yang telah mengintegrasikan desktop ringan LXDE. Mandriva edisi LXDE ini dibangun oleh komunitas Mandrivauser.de (MUD) dengan fokus menyediakan sistem yang ringan berdasarkan linux Mandriva berikut software standar yang umumnya dibutuhkan untuk pengguna Netbook dan komputer usang dari jaman baheula.

Menurut pengembangnya, pembaruan kali ini dibandingkan versi sebelumnya tidaklah sebatas peningkatan dan perbaikan yang ditawarkan Mandriva Linux 2010.1. Pengguna disambut dengan wallpaper baru disertai animasi splashscreen menggunakan fitur Plymouth. Sebagai Displaymanager ditugaskan tidak lagi GDM melainkan LXDM asal dari proyek LXDE yang membantu dalam percepatan penampilan hiasan grafis. Mandriva 2010.1 LXDE mendukung banyak bahasa termasuk bahasa Inggris, Jerman, Perancis, Spanyol dan lainnya.

Koleksi aplikasi juga mengalami perubahan misalnya Seamonkey-Suite telah diganti dengan browser Chromium dan klien Mail dengan Claws-Mail. Pengelola berkas pcmanfm bertahan dengan versi terbaru disamping penyertaan banyak tools bermanfaat seperti perkakas informasi gkrellm. Semuanya dikemas dalam satu LiveCD penuh.