OS Smartphone: Android Salib iPhone?

Berdasarkan laporan peneliti pasar Nielsen, Android pada kwartal kedua 2010 telah digunakan oleh 27 persen smartphones terjual sebagai sistem operasi mobile, sementara Apple iPhone OS memperoleh porsi 23%. Pergeseran penggunaan Smartphones diantara pengguna telepon genggam menurut laporan The Nielsen Company meningkat sekitar 2 sampai 3 persen per quartal dan saat ini mencapai 25% dari jumlah pengguna mobile di USA. Tren ini akan terus meningkat dan diprediksi bahwa jumlah pengguna smartphone akan lebih banyak dari telepon genggam biasa menjelang akhir tahun 2011.

Diantara pemain Smartphones saat ini, perangkat dengan BlackBerry OS menguasai sekitar 35% pangsa pasar, sementara Apples iPhone OS mendapat 28%. Windows Mobile melorot dan saat ini memperoleh 15%, dilain pihak Android meningkat terus sejak kwartal ke 4 tahun 2009 dan kini telah menguasai rata-rata 13%. Sistem Linux lainnya, Symbian OS dan Palm OS sisanya total 2%.

Bila diteliti hanya posisi kwartal 2 tahun 2010 maka Android menguasai 27% sebagai nomor 2 setelah BlackBerry OS (33%) dan masih diatas iPhone OS (23%). Di kwartal ini Windows Mobile memperoleh 11%.

Menguji kesetiaan para pengguna smartphone yang sedang berfikir untuk beralih model, maka iPhone merupakan favorit utama, diamana 89% dari pemilik iPhone menurut Nielsen ingin tetap memilih merek yang sama, sementara hanya 6% ingin beralih ke Android. Pengguna Android yang ingin tetap memilih OS yang sama sebanyak 71% dan 21% mendambakan iPhone sebagai smartphone idamannya. Tingkat kesetiaan paling rendah menurut laporan Nielsen adalah para pengguna BlackBerry OS yang hanya 42% masih merencanakan tetap bersama BB pada kesempatan ganti Smartphone berikutnya.

Peneliti pasar lain Canalys yang juga mengamati pasar smartphone dengan data berdasarkan pasar global mencatat peningkatan sebesar 880%.