Sepuluh Tahun Basisdata Firebird

firebird_logo_300

Pada tanggal 31 Juli baru lalu proyek Firebird, sebuah database relasional (RDBMS) bebas genap berumur sepuluh tahun. Firebird yang juga disebut FirebirdSQL menawarkan fitur-fitur yang disyaratkan standar ANSI SQL-99 dan SQL-2003. Ia digunakan baik di sistem operasi Windows, Linux maupun pada sejumlah platform Unix lainnya.

Firebird dikembangkan berdasarkan kode sumber dari Interbase 6.0 yang dibebaskan Borland pada tahun 2000. Interbase didirikan di tahun 80an oleh pionir bidang database Jim Starkey yang kemudian sempat bekerja untuk MySQL. Barawal dari keyakinan para pemrogram independen yang tidak ingin mengambil risiko sebagai karyawan sebuah perusahan, mereka kemudian bergabung dan memanfaatkan kode sumber yang telah dibebaskan Interbase dengan memulai sebuah proyek dan lahirlah FirebirdSQL.

Menurut President dari Firebird Foundation: Philippe Makowski, proyek open source ini memiliki banyak anggota yang aktif. Disamping pemrogram terdapat banyak relawan yang mengerjakan dokumentasi, tests, support, pemeliharaan webseite dan pemaketan untuk berbagai platform. Tim ini terdiri dari mantan pengembang Interbase dan pengguna Interbase yang berpengalaman termasuk pendatang baru.

Firebird 1.0 dirilis pada tahun 2002 disusul dengan pendirian Yayasan Firebird Foundation. Pada tahun 2004 diluncurkan versi Firebird 1.5, kemudian di tahun 2006 versi 2.0 dan pada tahun 2008 menerbitkan versi 2.1. Menyambut ulang tahun ke 10 komunitas Firebird ingin menuntaskan versi Firebird 2.5 yang saat ini berstatus kandidat rilis RC3. Sebuah inisiatif “Mind The Bird” telah dicanangkan untuk menyambut kedatangan versi final Firebird 2.5.