Memperingati SysAdminDay 2010

sysadminday11_300

Sudah menjadi sebuah tradisi di kalangan pemelihara sistem, bahwa setiap hari Jumat terakhir di bulan Juli dirayakan sebagai “Hari Administrator Sistem Dunia” guna memberikan penghargaan kepada para SysAdmin yang bertanggung jawab atas kelangsungan sistem TI sepanjang tahun yang beroperasi tiada hentinya. SysAdminDay 2010 jatuh pada tanggal 30 July 2010 merupakan acara yang dirayakan untuk ke 11 kalinya sejak ditetapkan sebelas tahun lampau.

Tanpa banyak diketahui pengguna, kelangsungan layanan seperti Facebook, Google atau sistem yang ada dikantor masing-masing bisa berjalan dengan baik adalah berkat kerja keras para SysAdmin walaupun acapkali masih menuai banyak komplain dari pelanggan atau penggunanya. Paling tidak satu kali setahun “System Administrator Appreciation Day” (SAAD) atau hari penghargaan untuk para Administrator Sistem mengingatkan kepada kita tentang karya positif mereka yang menjaga kelangsungan operasional sistem TI di organisasi masing-masing selama ini.

Adalah seorang SysAdmin yang membongkar pasang box kemudian menanamkan sistem operasi (Linux, FreeBSD atau lainnya), menambahkan pacth keamanan, meyakinkan bahwa ruangan server dan power dalam kondisi baik untuk kenyamanan sistem, memantau stabilitas sistem, menambahkan paket-paket software yang dibutuhkan dan memastikan sistem backup berfungsi dengan baik.

Lebih lanjut, adalah para SysAdmin yang dibebani tanggungjawab terhadap sistem jaringan, (tidak sebatas di ruangan server saja), memasang router, menarik kabel, mengkonfigurasi jaringan, setup firewall dan mengisi hari-harinya dengan memamtau lalu-lintas data. SysAdmin juga mengamankan sistem terhadap gangguan atau ancaman, baik yang datang dengan sengaja sebagai crackers atau kebetulan, tanpa ia harus mengurangi kenyamanan penggunanya.

Untuk semua itu, penyelengara SysAdminDay Internasional menyerukan agar semuanya menunjukkan sikap dan memberi penghargaan kepada para Administrator Sistem di lingkungan masing dalam bentuk apapun. Pada kesempatan ini perkanankan GudangLinux Indonesia mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada semua jajaran SysAdmin (tidak sebatas pengguna FOSS) dan khususnya kepada yang telah membantu dalam menjaga kelangsungan situs-situs GudangLinux.