FreeBSD 8.1 Telah Rilis

Tim Rilis FreeBSD telah meluncurkan versi 8.1 yang menyertakan perbaikan, peningkatan dan fitur baru kedalam generasi 8 dari sistem operasi kelompok BSD. Dibandingkan versi awal FreeBSD 8.0 yang telah beredar sejak delapan bulan lalu, versi 8.1 kali ini telah memperbarui baik kernel maupun sejumlah driver. Versi zpool dari ZFS misalnya telah ditingkatkan ke versi 14, disamping penambahan zfsloader, yaitu Bootloader yang memungkinkan booting via ZFS. ACLs dari NFSv4 kini didukung oleh sistem berkas UFS dan ZFS.

Kecuai itu, telah ditambahkan Framework HAST (Highly Available STorage) yang memungkinkan data disimpan di dua komputer terpisah secara transparan seperti halnya fitur DRBD di Linux. Framework Paketfilter kini dapat dijalankan independen di Jail masing-masing sebagai komponen terpisah.

Lingkungan desktop GNOME dan KDE yang digunakan merupakan versi aktual yaitu GNOME 2.28.2 dan KDE 4.4.5. Perkakas sistem penting lainnya yang diperbarui termasuk ISC BIND 9.6.2-P2, OpenSSH 5.4p1, OpenSSL 0.9.8n dan Sendmail 8.14.4.

Kecuali Intel/AMD 32 dan 64bit, FreeBSD mendukung sejumlah arsitektur lainnya dan menyediakan media instalasi untuk arsitektur yang didukungnya. Sistem dengan arsitektur PowerPC-G5 kini bisa dijalankan dengan SMP-Modus. Sparc-Architektur juga mendukung beberapa CPU lainnya. Seperti dirinci di siaran pers peluncuran FreeBSD 8.1 tersedia untuk arsitektur amd64, i386, ia64, pc98, powerpc dan sparc64.