PC-BSD 8.1 Desktop Berdasarkan FreeBSD 8.1

Pengembang PC-BSD telah merilis versi 8.1 berdasarkan FreeBSD 8.1 yang juga siap dalam kurun waktu yang sama dan mendukung sistem berkas ZFS. PC-BSD adalah sistem operasi Desktop yang dibangun menggunakan hasil pengembangan FreeBSD dan menambahkan fitur-fitur serta antarmuka yang relevan untuk pengguna Desktop. Berbeda dengan FreeBSD, PC-BSD telah menyertakan fitur instalasi berbasis grafis yang memberi kemudahan kepada calon pengguna desktop.

Menyimpang dari FreeBSD yang menggunakan Ports-System, PC-BSD memberdayakan PBI sebagai standar untuk mengelola paket. Menggunakan PBI dimungkinkan pengelolaan software melalui antarmuka grafis, sementara Ports-System juga tetap dapat digunakan. Versi PC-BSD 8.1 telah dibangun sebelum pengembang FreeBSD secara resmi mengumumkan terbitnya versi 8.1 namun telah menyertakan semua fitur terbaru yang disediakan FreeBSD 8.1

Diantara pembaruan terpenting adalah dukungan untuk ZFS, kemungkinan untuk membuat partisi di harddisk menggunakan fitur GPT Dan desktop KDE 4.4.5. Media Desktop PC-BSD 8.1 tersedia baik untuk arsitektur (Intel/AMD) 32 dan 64 bit.