openSUSE Edu Li-f-e 11.3 Telah Ready

Menyusul peluncuran distro utamanya openSUSE 11.3 baru-baru ini, tim yang bertanggungjawab untuk proyek pendidikan merilis edisi “Edu-Li fe” yang khusus didisain dan dikompail untuk nenunjang operasional di dunia pendidikan mulai dari TK sampai dengan pasca sarjana dan penelitian. Distro khusus berdasarkan openSUSE 11.3 dengan koleksi program pendidikan yang lengkap ini menyediakan sumber materi yang ditargetkan untuk semua termasuk orangtua murid, siswa, mahasiswa, dan administrator sistem teknologi informasi di lingkungan pendidikan.

Live DVD juga mengandung komponen untuk membangun server KIWI-LTSP yang diklaim mudah bagi pengguna non-teknis. Komponen server open source untuk pendidikan lainnya termasuk openSIS sebagai pengelola (maha)siswa berbasis web, Moodle sebagai sistem CMS pengelola kursus, OpenBiblio untuk mengelola perpustakaan yang ditulis dalam bahasa pemrograman PHP mengandung OPAC yang mengatur sirkulasi, katalog dan fungsi administrasi, ATutor yaitu sebuah “Web-based Learning Content Management System (LCMS/LMS), FreeSMS sebuah aplikasi pengelola fasilitas pendidikan.

Distro ini mengemas dalam jumlah besar pilihan program terseleksi nyaris untuk semua bidang di sektor pendidikan. Materi yang disertakan termasuk dan meliputi bidang seperti sain komputer, matematika, kimia, biologi, astronomi, elektronik dan lainnya. Kecuali itu, bagi yang ingin melakukan pengembangan dan pemrograman diatas platform Linux, distro ini menyediakan komponen yang dibutuhkan seperti Java, C + C +, Perl, Python, LAMP, databases, IDEs, dan banyak lainnya.