InfoLinux Terbitkan Buku Mini Fedora 12

Tim penulis InfoLINUX untuk keempat kalinya menerbitkan buku panduan untuk seri distro Linux Fedora. Buku Mini Fedora 12 yang telah terbit menyisipkan sekeping DVD Installer Fedora 12 berikut lumbung paket-paket Extras untuk multimedia dan program penting lainnya yang cukup lengkap agar dapat digunakan untuk komputer desktop dan server. Tim penulis mengklaim bahwa buku ini disusun memenuhi kebutuhan kebanyakan pengguna. Buku ini dapat dibaca tidak harus berurutan (namun selalu dari kiri kekanan), mulai dari bab mana saja, dimana saja dan kapan saja bilamana menurut Anda “penting dan nyaman”!.

Pembahasan dimulai dari petunjuk menginstalasi Fedora 12 langkah demi langkah, kemudian tutorial tentang cara menambahkan dan menghapus program, administrasi sistem untuk mengelola keamanan, jaringan, pengguna dan printer. Buku ini juga membahas aplikasi-aplikasi multimedia untuk memutar musik, video dan mengolah foto atau gambar. Untuk aplikasi perkantoran dibahas OpenOffice.org (word processing, spreadsheet, presentation, drawing), pengeditan file teks, pembacaan file PDF dan konpresi file.

Penting diketahui pengguna Fedora 12 yang mengakses jaringan intranet dan internet, adalah topik seperti web, email, chatting, file sharing dengan windows, ftp dan remote login yang dibahas dalam bentuk tutorial.

Untuk aplikasi server dibahas tentang DNS (Bind), web (Apache), proxy (Squid), DHCP, email (Postfix), konektivitas Linux dan Windows (Samba), NFS, database (MySQL & PostgreSQL) dan FTP. Buku ini juga memberi pencerahan tentang Webmail Squirrelmail, Blog WordPress, CMS Joombla, dan e-Learning Moodle. Tidak dilupakan penjelasan masalah virtualisasi atau emulasi dengan Virtual Box dan Qemu, termasuk panduan perintah Linux dan file Konfigurasi jaringan kabel dan wireless.

Buku yang dibandrol GoZap (Rp. 50.000) ini telah beredar dan dapat dibeli di hampir semua toko buku utama terdekat termasuk disini.