Parted Magic 5.0 Dirilis

Aplikasi perkakas untuk partisi Parted Magic 5.0 telah rilis sebagai Linux-Live-System dalam bentuk Mini-CD ukuran saku. Parted Magic umumnya digunakan oleh administrator sistem untuk membuat partisi, melakukan format, menyelamatkan dan memeriksa segala jenis hardisk. Kecuali itu, ia dapat digunakan untuk melakukan Benchmarks untuk memastikan bahwa data usang yang tersimpan dipastikan terhapus tuntas.

Seperti sistem Linux LiveCD lainnya, Parted Magic juga dapat digunakan sebagai penyelamat sistem (Systemrescue) bilamana komputer anda tidak mampu lagi booting. Parted Magic dibangun berdasarkan GParted dan Parted kemudian ditambahkan sejumlah perkakas berguna lainnya seperti Clonezilla, Partition Image, TestDisk, Truecrypt, G4L, SuperGrubDisk, fdisk, sfdisk, dd dan ddrescue berikut dokumentasinya, seperti juga tools untuk sistem-sistem berkas (filesystems) yang umum dipakai. Parted Magic jalan langsung dari RAM dan bisa digunakan pada komputer yang memiliki spasi tidak kurang dari 256 MB RAM.

Sejak rilis Parted Magic 5.0 untuk pertama kalinya dilakukan alih bahasa dan kini mendukung bahasa international termasuk bahasa Inggris, Jerman, Perancis, Italia, Norwegia, Brasilia dan bahasa Rusia yang dapat dipilih langsung dari Menu saat booting.

Parted Magic 5.0 memberdayakan Kernel Linux 2.6.34.1 dan mengatualisasi sejumlah paket software seperti X-Server 1.7.7, GParted 0.6.1, ClamAV 0.96.1, SysLinux 4.0.1 dan peningkatan untuk beberapa tools lainnya. Paket baru lainnya yang disertakan termasuk Gawk, PSensor, Wiper, lscpu dan Tk. Media Parted magic 5.0 yang diterbitkan, kecuali dalam bentuk ISO-Image ukuran saku, juga disediakn untuk USB-Flash-Image, Bootimage via jaringan PXE-Bootloader dan GRUB4DOS-Image.