8 Cara Mencari Nafkah Dengan Open Source

Bertolak dari keberhasilan Red Hat, MySQL dan beberapa lainnya yang berbisnis dengan basis produk Open Source, banyak yang berfikir untuk turut menggeluti bisnis di segmen yang sama. Dalam dunia nyata ternyata disamping ada yang berhasil namun tidak sedikit mengalami kesulitan seperti halnya dalam kasus aktual Mandriva dan masih banyak lagi yang sedang mencari model bisnis open source yang pas. Produk yang bagus seperti Mandriva dan Ubuntu yang banyak digandrungi pengguna tidak menjamin sebuah bisnis yang memberi keuntungan secara langsung.

MySQL dan Red Hat membagi yang bebas dengan memisahkan antara yang bayar dan tidak bayar dalam bentuk layanan khusus. Model ganda atau hybrid ini, sebagaimana dikutip dari artikel berikut bertolak dari asumsi bahwa banyak perusahan beranggapan lebih murah misalnya membeli layanan dengan lisensi komersil dari MySQL dibandingkan merekrut ahli hukum untuk memastikan agar persyaratan yang diminta lisensi Open Source itu terpenuhi.

Model bisnis yang sukses menurut artikel yang ditulis Peter Wayner di situs Infoworld.com yang menganalisa pasar Open Source, dirinci menjadi delapan kelompok model bisnis yang barangkali dapat memberikan nafkah untuk anda: