Menggambar Dengan Pinta 0.4

Bila GIMP terlalu ribet untuk pekerjaaan grafis hari-hari, maka Pinta adalah jawabannya. Proyek Pinta yang baru saja merilis versi 0.4 ini dibuat dengan target untuk mengadakan sebuah “Simple Painting” yang dibutuhkan oleh kebanyakan pengguna.

Pinta adalah sebuah program open source untuk menggambar dan editor grafis yang ringan yang jalan di Linux (lightweight open-source image drawing and editing program for Linux) yang mengacu pada program Paint.NET (yang sampai kini hanya jalan Windows®). Pinta diprogram menggunakan bahasa pemrograman C# dan memanfaatkan toolkit dari GTK+, termasuk pustaka cairo library dan sejumlah kode berasal dari Paint.NET. Proyek yang masih sangat muda ini diawali pada bulan Pebruari 2010 oleh Jonathan Pobst dari Novell®.

Pinta 0.4 telah memanfaatkan fungsi Docking asal Mono-Develop yang membantu mengatur lembaran kerja. Bersama implementasi pustaka Docking, yang juga digunakan di Mono-Develop, maka membuat tools untuk pengaturan menjadi lebih mudah dan dapat ditempatkan dimana saja diatas sebuah lembaran kerja. Program yang dibuat berdasarkan GTK ini lebih harmonis jika dijalankan di Linux menggunakan desktop Gnome ketimbang desktop lainnya.

Pinta saat ini sudah bisa menghendel lebih banyak format gambar seperti Tiff, Gif dan BMP-Bitmaps. Pinta bekerja menggunakan Openraster-Format dan dengan demikian lapisan (layer) Pinta menjadi kompatibel dengan program grafis lainnya seperti Krita dan Mypaint. Pinta telah diterjemahkan ke 18 bahasa dan bagi yang ingin membantu bisa bergabung disini.