BlankOn 6.0 (Ombilin) Telah Rilis

Telah menjadi sebuah tradisi, menyusul setiap kehadiran versi baru Ubuntu Linux, tidak lama kemudian pengembang BlankOn merilis versi baru dengan teknologi yang setara. Disamping mengutamakan bahasa Indonesia, BlankOn menambahkan sejumlah fitur lain yang khas untuk pengguna di Indonesia. BlankOn 6.0 tersedia baik untuk arsitektur 32 maupun 64 bit.

Versi terbaru distribusi BlankOn 6.0 (Ombilin) yang baru saja dirilis merupakan distribusi yang dikembangkan oleh Yasasan Penggerak Linux Indonesia (YPLI) bersama Tim Pengembang BlankOn. BlankOn adalah distribusi khas Indonesia yang menyertakan beragam perangkat lunak yang sering digunakan oleh masyarakat pada umumnya, seperti program perkantoran, aplikasi keuangan, aplikasi Internet, menggambar (baik vektor maupun bitmap), dukungan untuk memainkan beragam format berkas multimedia, serta aplikasi menarik lainnya.

Menekankan ciri khas bangsa Indonesia yang memiliki semangat bergotong-royong, keberadaan BlankOn sebagaimana ditulis di catatan rilisnya, bukanlah sekedar untuk menambah satu distro baru lagi, namun pengembangnya lebih dimotivasi oleh hasrat untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas dalam kemampuan pengembangan perangkat lunak bebas/terbuka.

Yang Baru di Ombilin antara lain:

  • Aksara Nusantara, dimana BlankOn Ombilin mendukung empat jenis Aksara Nusantara, yaitu Aksara Bugis, Aksara Batak Toba, Aksara Bali dan Aksara Sunda. Aksara-aksara ini adalah aksara khas daerah yang terdapat di daerah Indonesia. Aksara Bali dan Sunda merupakan penambahan terbaru di versi 6.0 ini.
  • Kamus Cepat Stardict yang disertakan bersama Ombilin mendukung penerjemahan Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia dan Bahasa Indonesia ke Bahasa Inggris. Terjemahan lain yang disediakan melalui Lumbung Paket BlankOn adalah Bahasa Sunda Ke Indonesia dan Bahasa Sunda ke Bahasa Indonesia, Kamus Besar Bahasa Indonesia, serta Tesaurus Bahasa Indonesia.
  • Peramban Web Chromium membantu pengguna Ombilin menyediakan peramban web dengan akses cepat ke website favorit karena ringan, mudah digunakan dan aman.
  • BlankOn mendukung penuh terhadap dunia hiburan dan dunia desain grafis. Menggunakan Pemutar Lagu Exaile pengguna bisa menikmati menonton film, mendengarkan musik serta melakukan desain grafis dengan perangkat lunak bebas/terbuka seperti gimp, inskcape, dan sebagainya.
  • Dukungan Modem USB Flip=Flop: Ombilin mendukung beragam model dan merek modem USB yang beredar di tanah air sehingga pengguna tidak perlu lagi khawatir. Tancap modem dan langsung main di Internet dengan Ombilin.

Baca selebihnya catatan rilis BlankOn 6.0