Padanan untuk Microsoft Office Sharepoint Server 2007

« Arsip dari artikel Gudanglinux.info tanggal: Selasa, 10 Maret 2009 03:45»

Microsoft Office Sharepoint server (MOSS) yang jalan diatas Windows Sharepoint Services (WSS), menambahkan fitur utama dan porsi web untuk pengguna. Pada prinsipnya ia merupakan sebuah tool untuk workflow engine dan business intelligence yang cukup baik.

Kekuatan MOSS terletak pada pengelolaan termasuk mengorganisasi informasi tentang penguna dalam sebuah aplikasi berbasis web yang terpusat termasuk mengklasifikasikan data. Dimasa lampau, pengguna memiliki kendala berkaitan dengan segudang berkas yang tidak terstruktur seperti aneka dokumen, email, dan pesan atau messages yang diproduksi di sebuah kantor atau organisasi. MOSS mengambilalih chaos atau amburadul itu dan mengubahnya menjadi sebuah gudang konten yang terorganisasi baik dan jelas untuk diakses melalui SharePoint.

Salah satu fitur penting yang dibanggakan pengguna Office Sharepoint Server adalah MySite. MySite memungkinkan pengguna mengakses dan menampilkan informasi yang telah dipersonalisasi dengan memilah berdasarkan pentingnya dan ijin yang memperbolehkan disimak publik atau merupakan data pribadi hanya untuk disimak sendiri.  Pengguna dapat menentukan siapa yang diberikan otoritas untuk mengakses informasi terpilih dari MySite mereka. Fitur seperti ini menghemat waktu dalam navigasi berselancar mencari data. Pengguna cukup mengakses dan melihat ruang kerja (workspaces) yang diperbolehkan.

MySite juga memiliki traker kerabat atau colleague tracker, Outlook email dan calendars dan memperbolehkan pengguna menyimpan jejak dan keep track terhadap sambungan pribadi  (personal links) yang relavan untuk pekerjaan mereka. Berkat kemampuan ini, yaitu merekam kegiatan berikut informasi terkait, telah mebuat MySite sebagai sebuah alat yang powerful untuk kerapihan organisasi dan kejelasan operasional.

Keluarga produk proprietari ini membutuhkan biaya lisensi tidak sedikit, baik disisi server ($4.400/standar, s/d $57.000/enterprise) ditambahkan untuk setiap klien ($75/client-standar s/d $187/client-designer), sebaiknya diperhitungkan masak-masak sebelum mencobanya. Sekali sebuah perusahan atau organisasi yang cukup aktif menggunakannya, dengan cepat perusahan menimbun data yang akan memenuhi repositori yang nantinya menjebak perusahan bersangkutan karena ia akan sangat sulit atau tidak mungkin untuk memigrasikan konten secara manual ke sebuah sistem alternatif. Sistem dengan fungsi setara atau lebih (walaupun memiliki beberapa fitur dan pendekatan berbeda, subyek untuk dibandingkan apple by apple), tersedia sebagai Aplikasi Open Source Alternatif (AOSA) berkwalitas berikut opsi dukungan komersil yang baik dan biaya yang signifikan lebih rendah, ditawarkan antara lain oleh Alfresco dan Deki Wiki (MindTouch).

MindTouch Deki 8.5

MindTouch Deki atau Deki Wiki adalah sebuah platform wiki untuk membangun konten dan Mashup, tersedia baik dengan atau tanpa dukungan komersial. Ia merupakan sebuah program aplikasi bebas dan open source ( FOSS) yang mudah digunakan untuk authoring, aggregating, organizing, dan sharing nyaris segala jenis konten. Perusahan dapat menggunakannya untuk membangun komunitas online dan in-house Intranets, membangun aplikasi kolaborasi, atau menambahkan kemampuan wiki terhadap aplikasi yang sudah ada.

Deki Wiki menyediakan fitur editor visual berkemampuan baik (state-of-the-art WYSIWYG editor), dapat di-integrasikan dengan LDAP dan dengan sistem pengelola konten open source lainnya seperti WordPress, Joomla, Drupal, dan Mambo. Deki Wiki juga merupakan platform untuk membangun aplikasi kolaborasi berbasis web yang mengakses fungsionalitas maupun data dari sumber lain di jagad Internet. Ia memiliki arsitektur fleksibel yang bahkan memungkinkan penambahan fitur wiki terhadap aplikasi eksisting tanpa peduli terhadap bahasa pemrograman dan teknologi yang digunakannya.

Kemampuan lain yang dimiliki Deki Wiki adalah sebuah alat pencari skala perusahan (enterprise strength search engine): Lucene, yang digunakan untuk mencari dan meng-indeks seluruh halaman termasuk hampir semua jenis tipe berkas.

Dua alat powerful  lain untuk deskop yang datang bersama Deki Wiki adalah sebuah Desktop connector yang memungkinkan untuk upload/download berkas ke dan dari wiki via drag-drop, termasuk ke aplikasi klien. Plus, sebuah Outlook Connector yang memungkinkan one-click publishing terhadap email dan berkas email attachments ke Deki Wiki, dimana ia kemudian dapat di strukturisasi, dicari, atau di share dengan pengguna lainnya. Kedua alat bantu tersebut diklaim meningkatkan efisiensi secara dramatis berkat tersambungnya inbox email dengan Deki Wiki.

Disamping itu, Deki wiki diklaim sebagai satu-satunya wiki dan aplikasi web di dunia pada saat ini yang memanfaatkan multilingual Polyglot. Dengan demikian Deki Wiki mendukung berbagai bahasa dalam satu wadah. Bahasa asing dapat dispesifikasikan sebagai bagian (sections) dan halaman yang secara otomatis mengadopsi antarmuka Deki Wiki dengan bahasa terpilih. Pencarian juga dapat diklasifikasikan lintas bahasa atau dengan prioritas bahasa yang dispesifikakan pengguna.

mindtouch_deki_products_560

MindTouch Deki dibangun menggunakan Web Oriented Architecture (WOA), yang memungkinkan pengguna bergabung dalam sebuah tim, dengan enterprise systems, Web services dan aplikasi Web 2.0. Pengguna dapat dengan mudah mengakses dan mengorganisasi data maupun sistem secara efisien untuk mencapai tujuan bisnisnya.

MindTouch Deki adalah sebuah wiki open source yang dikembangkan menggunakan bahasa C# diatas Mono dan PHP. Semua komponen disediakan dibawah naungan lisensi versi 2 dari GNU General Public License ( GPL) atau versi 2.1 dari GNU Lesser General Public License, dan dengan demikian ia merupakan wiki virtualisasi open source pertama menyediakan dukungan komersial bila perlu. DREAM framework yang digunakannya, telah memungkinkan peningkatan Deki secara bebas diadopsi ke hampir semua bahasa pemrograman yang kompatibel dengan layanan Web. Komponen aplikasi di implementasikan menggunakan bahasa pemrograman C#, semenatra presentation layer -nya menggunakan PHP yang relatif mudah terutama untuk memodifikasi user interface.

MindTouch adalah perusahan pengembang software open source berlokasi di San Diego, California, USA. Ia didirikan pada bulan Januari 2005, pengembangannya dimulai dengan memanfaatkan produk Open Source MediaWiki (program wiki yang sama juga digunakan oleh Wikimedia Foundation). Rilis perdana diumumkan di acara konferensi open source OSCON di Portland, OR, pada tanggal 25 Juli 2006 dimana MindTouch sekaligus meluncurkan MindTouch Developer Community dengan situs OpenGarden.org. Pengguna MindTouch Deki termasuk organisasi dan perusahan kelas dunia seperti Mozilla, Intel, The Washington Post, Microsoft, US-Army, Siemens, United Nation dan lainnya.

Alfresco 3.0

Alfresco (“outdoors” dari bahasa Italia berarti “diluar rumah; di udara terbuka”) adalah proyek open source dan merupakan salah satu alternatif untuk Microsoft Office SharePoint Server (MOSS). Ia merupakan sebuah ECM (enterprise content management) yang kaya akan fitur  Alfresco dan acapkali disebutkan sebagai rival dari MOSS yang mampu menawarkan kwalitas tinggi dengan biaya yang jauh lebih rendah.

Dikutip dari situsnya, Alfresco mengklaim sebagai “true Open Source Enterprise Content Management (ECM)” yang menawarkan – Document Management, Collaboration, Records Management, Knowledge Management, Web Content Management dan Imaging:

Alfresco memanfaatkan teknologi Open Source terbaik seperti Spring, Hibernate, Lucene, menggunakan standarisasi modern seperti JSR-168, JSR-170, Web Services, Java Server Faces termasuk kontribusi dari komunitas open source guna mencapai produk yang berkwalitas, dikembangkan lebih cepat dengan biaya lebih rendah. Pengambangan Alfresco menggunakan teknologi pemrograman Java.

alfresco_cms_560

Semua konten dari fitur yang ditawarkan Alfresco seperti pengelola dokumen dan knowledge, pendataan dan konten web, imaging, alat kolaborasi dan workflow, disimpan menjadi sebuah repositori yang scalable. Cara ini diklaim memiliki kelebihan dibanding produk ECM lainnya yang menggunakan repositori lebih dari satu, dengan alasan bahwa repositori tunggal sekaligus menggantikan ‘shared network drives‘.

Fitur utama Alfresco termasuk:

  • Document Management
  • Web Content Management (including full webapp & session virtualization)
  • Repository-level versioning (similar to Subversion)
  • Transparent overlays (similar to unionfs)
  • Records Management
  • Image Management
  • Auto-generated XForms with AJAX support
  • Integrated Publishing
  • Repository access via CIFS/SMB, FTP, WebDAV and CMIS
  • jBPM workflow
  • Lucene search
  • Federated servers
  • Multi-language support
  • Portable application packaging
  • Multi-platform support (officially Windows, Linux and Solaris)
  • Browser-based GUI (official support for Internet Explorer and Firefox)
  • Desktop integration with Microsoft Office and OpenOffice.org
  • Clustering support

Alfresco dapat dijalankan di Sistem Operasi Microsoft Windows dan Unix-like seperti Linux dan lainnya dan tersedia dalam dua edisi. Pertama, Alfresco LABS merupakan Free Software, open source dan open standards berlisensi GPL. Produk ini senantiasa dalam proses pengembangan dan resminya tidak pernah mendapatkan status stabil. Kedua, Alfresco Enterprise Edition merupakan produk komersial dengan lisensi proprietari skala perusahan, namun tetap dengan karakter open source dan open standards.

Alfresco mulai dikembangkan dan didirikan pada tahun 2005 oleh John Newton, co-founder asal Documentum dan John Powell, mantan COO dari Business Objects. Pemberi modal dan investor utama termasuk perusahan software SAP, Accel Partners dan Mayfield Fund. Staf pengembang perdana berasal dari perusahan Documentum dan Oracle yang awalnya difokuskan untuk produk document management, namun pada bulan Mai 2006 diperluas mencakup web content management. Pada saat sama Alfresco merekrut staf ahli asal perusahan Interwoven. Pada tahun 2007, Alfresco memberdayakan sales engineer utama dari Vignette. Software Alfresco dapat di download dari repositori SourceForge.

3 Comments

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s