Meningkat: Partisipasi Perempuan Pada Proyek Open Source

Terhitung sejak enam tahun terakhir rata-rata satu pengembang perempuan yang bekerja untuk proyek Gnome yang terdaftar di ajang acara Googles Summer of Code (GSoC), namun pada tahun ini jumlah peserta telah meningkat menjadi tujuh pemrogram perempuan terdaftar di GSoC. Hal itu bisa saja terjadi, karena menurut dugaan proyek Gnome, semuanya berkat program khusus “Gnome Outreach Program for Women” yang dilansir di bulan Oktober lalu. Program magang yang khusus ditargetkan untuk kaum hawa itu, didukung penasihat-penasihat (Mentor) yang khusus disediakan untuk memuluskan kontribusi pertama para pengembang perempuan di salah satu proyek komunitas.

Sejatinya, bimbingan dari tim proyek telah dimulai sejak pendaftaran para calon peserta. Peserta telah menerima pengarahan langsung tangan pertama dari proyek tentang langkah-langkah dan teknologi yang harus disiapkan masing-masing peserta. Kecuali itu, peserta juga dijelaskan betapa indahnya bagai seseorang yang bisa memberikan sebuah kontribusi pada proyek software bebas. Dan nantinya bila saatnya magang dimulai, peserta telah berbekal dengan pengetahuan dan semangat yang dibutuhkan untuk menyokong proyek Gnome.

Para pembimbing atau penasehat (mentor) yang akan mendampingi para ibu atau gadis pemrogram tahun ini menulis sangat terkesan akan kinerja yang ditunjukkan para peserta. Peserta Nohemi Fernandez misalnya telah mengimplementasikan papan ketik layar berfungsi penuh untuk Gnome Shell, yang juga dapat digunakan pada tablet. Raluca Elena Podiuc membuat program yang memungkinkan membuat Avatar di Empathy menggunakan Webcam. Sementara Srishti Sethi menciptakan aktifitas yang dapat membantu anak-anak belajar tulisan Braille melalui software pendidikan GCompris.

Sejajar dengan penyertaan perempuan di GGSoC, terdapat delapan peserta perempuan lainnya di proyek Gnome yang magang atau Praktek Kerja Lapangan (PKL) dalam rangka “Gnome Outreach Program for Women”. Lima diantaranya akan menggeluti bidang dokumentasi dan membangun helpdesk berorientasi tema untuk basis desktop, dan aplikasi-aplikasi Accerciser, Vinagre, Brasero, Cheese seperti juga pada Gnome System Monitor. Disamping untuk dokumentasi Accerciser, Aline Duarte Bessa mengambil alih pekerjaaan lain yaitu daftar kesalahan untuk mendapatkan umpan balik pada semua kesalahan untuk kemudian diperbaiki. Disamping itu, ia juga membantu pembuatan dokumentasi pada proyek pengembangan Assistive Technology Service Provider Interface (AT-SPI).

Meg Ford bekerja dalam melengkapi “High Contrast und High Contrast Inverse Themes” untuk Gnome, dengan membuat 81 Ikon baru dan memperbaiki 241 eksisting. Sementara itu, Yu Liansu menciptakan Gnome Visual Identity Portfolio yang komprehensif dengan karya seni orisinil, Poster, Brosurn, Presentasi dan konsep untuk Web.

Para peserta magang perempuan kali ini datang dari berbagai belahan bumi termasuk Amerika Utara dan Selatan, Eropa, Afrika dan Australia untuk memulai aktifitasnya pada tanggal 12 Dezember 2011 sampai dengan 12 Maret 2012 di bidang teknologi Gnome, Dokumentasi, Marketing dan Lokalisasi. Semuanya akan bekerja ditempatnya masing-masing dan merekam hasil kerjanya melalui Blog di Planet Gnome. Berkat sponsor dari Collabora, Google, Mozilla, Red Hat dan Gnome Foundation, diharapkan proyek Gnome dapat menampung 12 PKL perempuan pada program yang sama jadwal berikutnya.

Program “Gnome Outreach Program for Women” diorganisasi oleh dewan direksi Gnome termasuk Marina Zhurakhinskaya, Karen Sandler, dan Rosanna Yuen. Sementara kebanyakan pekerjaan diselesaikan oleh para mentor, peserta magang dapat memahami proses kerja sebuah proyek. Peserta diberikan tunjangan untuk 3 bulan magang masing-masing sebesar 5.000 Dolar Amerika yang kali ini dibiayai oleh Gnome Foundation dan Google ( masing-masing untuk 4 PKL), 2 PKL dibiayai oleh Mozilla dan masing-masing 1 PKL oleh Collabora dan Red Hat.

About these ads

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 179 pengikut lainnya.