Ubuntu 12.04 LTS: Precise Pangolin Harus Lebih Akurat

Trenggiling akurat yang akan muncul pada bulan April 2012 adalah Ubuntu 12.04 LTS telah diberi nama Precise Pangolin. Untuk itu, inovasi dan pembaruan berasal dari dua rilis Ubuntu terakhir (Natty dan Oneiric) akan dioptimalkan untuk digunakan membangun Precise Pangolin yang tangguh dan siap mengemban dalam jangka panjang.

Dalam entri blog-nya, pendiri Canonical Mark Shuttleworth menegaskan hal tersebut. Seperti seekor trenggiling yang akurat, maka Ubuntu 12.04 alias Precise Pangolin harus stabil, diterbitkan sebagai versi jangka panjang LTS (Long Term Support) nomor empat. Dan untuk kali pertama rilis LTS ini, baik untuk server maupun untuk desktop akan mendapatkan update selama lima tahun penuh (sebelumnya 3 tahun untuk desktop dan 5 tahun untuk server).

Shuttelworth secara khusus menekankan bahwa Unity di Ubuntu 12.04 akan menjadi sebuah desktop yang “Pixel-perfect”. Desktop Precise Pangolin akan dibekali dengan font khas Ubuntu yang disesuaikan untuk semua jajaran komponen-komponennya. Dukungan untuk pengoperasian layar monitor ganda juga akan ditingkatkan. Desktop Ubuntu juga ditargetkan untuk pengguna perusahan besar, dan untuk itu ia akan disesuiakan dengan kebutuhan lingkungan perusahan seperti tingkat keamanan yang lebih tinggi. Kecuali itu dimungkinkan pendistribusian pengaturan ke beberapa instalasi Ubuntu sekaligus.

Untuk versi server, Canonical akan menitikberatkan Cloud Computing dan mengoptimalkan infrastruktur seputar OpenStack. Openstack telah mengganti framework Eucalyptus yang digunakan sebelumnya. Dibandingkan Eucalyptus, OpenStack adalah seratus persen Open Source dan mendapat dukungan dari sejumlah perusahan termasuk AMD, Dell dan Intel, sementara Nasa menyumbangkan Nebula, yaitu teknologi Cloud-Plattform miliknya.

Menurut Shuttelworth, Precise Pangolin adalah versi LTS pertama, yang juga akan dapat dijalankan di arsitektur SoCs (System-on-a-Chip) berbasis ARM dan dalam jangka panjang direncanakan untuk server-server bermesin prosesor ARM.

About these ads

Berikan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s