Oneiric Ocelot: Nama Untuk Ubuntu 11.10

Menyusul Natty Narwhal (NN) untuk rilis Ubuntu 11.04, terpilih Oneiric Ocelot (OO) sebagai nama yang telah diputuskan untuk Ubuntu 11.10 yang terbitnya dijadwalkan pada bulan Oktober 2011. Pilihan nama-nama lain yang tersedia antara lain adalah Orange Okapi dan Osculant Orang-Utan. Pimpinan Canonical, Mark Shuttleworth menyebutkan alasannya memilih Oneiric Ocelot karena ia ingin sesuatu sebagai sebuah “impian”. Oneiric berasal dari bahasa Yunani “oneiro” (Όνειρο) yang artinya “mimpi”. Nama tersebut menurut Shuttleworth merupakan cermin dari kompetensi para pengembang Ubuntu dan fantasi dari proyek Ayantana, berupa separuh mimpi siang (daydream) dan separuh disiplin.

Rencana kongkrit untuk Oneiric Ocelot dijabarkan Shuttleworth lebih rinci di Blognya. Desktop Unity akan terus disempurnakan, terutama menyediakan versi 2D disamping agar desktop jenis baru ini dapat digunakan dengan baik. Kecuali itu Qt-Framework yang sedikit terbengkalai karena Nokia sibuk berkiprah ke Windows Phone, akan mendapat perhatian khusus dan dipelihara Ubuntu membantu para pengembang membuat GUI-GUI yang menarik.

Dukungan untuk Cloud akan dibahas lebih lanjut agar dapat memusatkan upayanya untuk beberapa platform tertentu yang implementasinya ditargetkan di rilis LTS berikutnya yaitu Ubuntu 12.04 LTS.

Rilis pengembangan Ubuntu 11.10 (Oneiric Ocelot) telah dijadwalkan mulai 2 Juni 2011 untuk Alpha-1, disusul Alpha-2 pada tanggal 30 Juni,  Alpha-3 (4 Augustus), kemudian Beta 1 dan 2 masing-masing tanggal 1 dan 22 September diakhiri dengan rilis final pada tanggal 13 Oktober 2011.

Sebelumnya telah dijadwalkan rilis final untuk Ubuntu 11.04 (Natty Narwhal) yang jatuh pada tanggal 28 April 2011.

About these ads

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 176 pengikut lainnya.