Mark Namakan “Natty Narwhal” Untuk Ubuntu 11.04

Bila versi Ubuntu 11.04 yang kini masih dalam rencana pada tanggal 28 April 2011 diluncurkan, maka ia akan lahir dengan nama “Natty Narwhal.” Mark Shuttleworth, bapak dan pencetus Ubuntu Linux memaparkan latar belakang dari nama yang diberikannya sambil menjelaskan tujuan dan fitur dari rancangan sistem operasi Ubuntu 11.04 secara filosofis.

Menyusul rampungnya Ubuntu 10.10 “Maverick Meerkat” akhir Oktober 2010, para para disainer di Canoncial akan memusatkan pekerjaaannya untuk merancang Natty Narwhal, sejenis ikan paus bercula yang keren dengan fitur yang semaksimal mungkin memanfaatkan kemampuan dari sebuah kartu grafis moderen. Lebih rinci tentang apa yang dimaksud tentang hal itu sengaja dibiarkan terbuka oleh Mark untuk dibahas dilain kesempatan. Mark tapi mengindikasikan bahwa Natty Narwhal tidak hanya cantik saja tapi lebih efisien dan OpenGL yang didukungnya tidak sekedar memberikan kemampuan efek grafis belaka.

Pemanfaatan teknologi hijau merupakan salah satu tujuan Ubuntu dan kali ini lebih serius menyokong prosesor yang hemat enerji seperti halnya pada prosesor ARM yang diharapkan bisa membantu pengurangan panas bumi. Juga menjadi salah satu alasan mengapa memilih Narwhal asal Arktik yang dingin sebagai maskot Ubuntu versi ini.

Jadwal pengembang Ubuntu 11.04 (Natty Narwhal) telah dipatok pengembangnya dengan merilis lima rilis Alpha yang dimulai pada tanggal 4 Nopember 2010 dengan rilis Alpha perdana, kemudian satu rilis Beta tanggal 3 Maret 2011 dan satu Release Candidate pada tanggal 31 Maret sebelum rilis Final Ubuntu 11.04 pada tanggal 28 April 2011.

About these ads

Komentar ditutup.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 179 pengikut lainnya.